• Olahraga 20.08.2015

    Nike, Inc. adalah salah satu perusahaan sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga Amerika Serikat yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Mereka terkenal karena mensponsori beberapa olahragawan terkenal di dunia seperti Tiger Woods, Ronaldo dan Michael Jordan. Selain itu mereka juga memiliki perjanjian dengan berbagai tim sepak bola dunia seperti Manchester United, F.C. Barcelona, Arsenal, Juventus dll.

    Sejarah

    Produk sepatu dan pakaian olahraga Nike dengan mudah diidentifikasi oleh khas logo perusahaan dan slogan “Just Do It”.

    Berbasis dari nama dewi Yunani yang berarti kemenangan, Nike didirikan tahun 1964 ketika atlet sekaligus pengusaha Oregon bernama Phillip Knight, mengagas impor sepatu lari dari Jepang untuk bersaing dengan merek Jerman seperti Adidas dan Puma yang kemudian mendominasi pasar Amerika Serikat. Keuntungannya adalah bahwa sepatu Jepang lebih murah karena tenaga kerja lebih murah di Jepang.

    Dia mulai menjual sepatu keliling dengan tujuan di stadion atletik, dimana penjualan secara pelan tapi pasti meningkat secara dramatis. Pada 1970-an, Knight dan perusahaan yang berkembang nya melihat awal revolusi jogging dan mulai memasaran produk untuk pelari non-profesional juga. Ia lantas segera membuka pasar yang lebih luas dan mengubah image sepatu lari menjadi sepatu fashion dan menarik semua orang dari anak-anak sampai dewasa memakainya.futsal-13216c

    Pada 1979 Nike telah menguasai setengah pasar di AS dan dengan pendapatan mencapai US $ 149 juta. Pada pertengahan tahun 1980-an posisi perusahaan tampaknya tak tergoyahkan, namun secara mendadak muncul serangan dari pihak saingan yaitu Reebok. Tapi pada tahun 1990 Nike kembali memimpin perusahaan, terutama karena pengenalan dari sepatu “Air Jordan” yang didukung dan dipromosikan oleh bintang basket Michael Jordan.

    Nike mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dalam sepatu olahraga, dan merupakan pemain penting dalam pakaian dan aksesoris olahraga. Majalah Fortune melaporkan penjualan sebesar US $ 3,7 miliar pada tahun 1994 dan laba US $ 299 juta (Fortune 1995).Sekitar 60 persen dari penjualan perusahaan di Amerika Serikat, sekitar 30 persen di Eropa dan 5 persen di Asia.

    Opini

    Pendapat atau opini saya mengenai bisnis dibidang olahraga atau sport memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Dicontohkan seperti perusahaan besar seperti Nike yang meraih kesuksesan dan menjadi sponsor untuk atlet atlet terkenal dan klub klub sepak bola Eropa yang mendunia. Tentunya ini semua tidak lepas dari strategi bisnis dengan cara melakukan inovasi inovasi yang cukup unik seperti memberikan motif motif yang beragam di sepatu dan t-shirt Nike, memiliki lambang atau logo yang unik berupa ceklis sehingga mudah diingat konsumen, serta mensponsori berbagai kegiatan maupun mensponsori atlet atlet mendunia sehingga produknya laku dipasaran.

    Ditambah dengan semakin banyaknya olah raga yang digemari masyarakat seperti sepak bola atau futsal serta basket yang menyebabkan permintaan akan sepatu, kaos, maupun perlengkapan olah raga lainnya semakin tinggi. Ditambah dengan trend memakai jersey atau seragam sepak bola untuk berpergian menjadi salah satu keuntungan yang dapat diperoleh untuk era sekarang ini.

    ( Sumber: https://leonardogustav.wordpress.com/2012/11/15/opini-mengenai-bisnis-dibidang-olah-raga-nike )

    Posted by Raisa @ 7:27 am

    Tags: , ,

  • Comments are closed.